Bagikan:

SEMARANG - Polda Jateng melepas keberangkatan personil Pengawal Pribadi (Walpri) yang akan bertugas mendampingi dan mengamankan para calon kepala daerah yang akan berkontestasi dalam Pilkada Serentak 2024 di Jawa Tengah.

Pelepasan tersebut ditandai dengan Apel Pemberangkatan Tugas Walpri Polda Jateng di Halaman Mapolda Jateng, Senin pagi, 23 September.

Apel dipimpin oleh Wakapolda Jateng Brigjen Pol Agus Suryonugroho dan turut dihadiri oleh sejumlah PJU Polda Jateng, para Kasatgas dan Kasubsatgas Ops Mantap Praja Candi 2024-2024.

Waka Polda menegaskan bahwa tugas sebagai walpri adalah suatu kehormatan. Mereka adalah personil pilihan yang telah disiapkan untuk mendampingi dan mengamankan calon gubernur dan wakil gubernur, serta calon bupati/walikota dan wakilnya.

"Tugas ini tidak main-main, rekan rekan adalah personil pilihan yang telah disiapkan melalui berbagai proses pelatihan untuk mengawal calon pilkada," tegasnya.

Dirinya berharap setelah menjalani berbagai pelatihan, para personil Walpri mampu menunjukkan kemahiran, keterampilan dan profesionalitas dalam tugasnya.

"Tunjukkan bahwa rekan-rekan adalah personil yang mahir dan terampil serta profesional dengan mampu menempatkan diri," ujarnya.

Wakapolda turut berpesan agar para personil Walpri melaksanakan tugas dengan baik serta tetap menjaga netralitas. Selain itu seluruh personil walpri juga harus mampu memahami kondisi dan dinamika di lapangan.

"Jaga netralitas, jaga marwah dan wibawa Polri. Perhatikan sikap dan tutur kata. Pola tindak dan pola pikir dalam setiap langkah tugas harus selalu dijaga. Walpri harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan situasi," lanjutnya.