Bagikan:

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil memiliki dua cara dalam mengatasi kemacetan. Mulai dari perluasan rute transportasi umum seperti TransJakarta hingga LRT dan mengurangi pergerakan orang.

"Urusan kemacetan Insyaallah akan kami carikan solusinya dengan dua cara. Memfasilitasi pergerakan LRT diperpanjang, MRT diperpanjang. Kemudian Transjakarta sampai Kota Bogor, Transjakarta sampai Bekasi, MRT dari Tangerang sampai Bekasi," ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya di DPD Golkar Jakarta, Sabtu, 21 September.

Kemudian, cara kedua yaitu dengan mengurangi pergerakan orang. Artinya, masyarakat akan diberikan berbagai fasilitas di sekitaran kawasan tempat tinggalnya. "Kalau bisa tinggalnya di situ, kerjanya di situ, nge-mall-nya di situ," sebutnya.

Hanya saja, untuk solusi ini ada kendala yang ditemukan yakni minimnya lahan di Jakarta. Sehingga, Ridwan Kamil berinovasi akan memperbanyak social housing. Hal itupun sejalan dengan permintaan Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, mengenai penyelesaian permasalahan kekumuhan.

"Izinkan saya dan mohon dibantu Seluruh pasar-pasar di Jakarta yang masih dua lantai satu lantai kita bangun bawahnya seperti Mall. Atasnya ada apartemen yang bisa dihuni oleh rakyat Jakarta yang membutuhkan. Sehingga Mereka cukup jalan kaki mereka bisa bersepeda, mengurangi pergerakan mobil, mengurangi macet," kata Ridwan Kamil.