Bagikan:

JAKARTA - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, bakal diterbangkan ke Jakarta usai dibebaskan dari penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

Namun, sebelumnya Kapten Philip Mark Mehrtens akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dulu.

"Iya (Kapten Philip Mark Mehrtens akan dibawa ke Jakarta)," ujar Kaops Damai Cartenz 2024, Brigjen Faizal Ramadhani saat dikonfirmasi, Sabtu, 21 September.

Kendati demikian, tak disampaikan secara gamblang tujuan dari dibawanya Philip Mark Mehrtens ke Jakarta.

Sejauh ini, hanya diketahui pemeriksaan kesehatan terhadap pilot Susi Air itu akan berlangsung di salah satu rumah sakit yang berada di Kabupaten Nduga, Papua.

Adapun, pembebasan Kapten Philip Mark Mehrtens merupakan hasil dari upaya dengan cara upaya soft approach.

Upaya soft approach yang dilakukan dengan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya.

"Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," kata Faizal.

Sebagai informasi, Kapten Philip Mark Mehrtens disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membebaskannya.

Hingga akhirnya, Kapten Philip Mark Mehrtens dibebaskan pada Sabtu, 21 September. Pembebasan itu usai Satgas Damai Cartenz 2024 bernegosiasi dengan KKB.