Bagikan:

JAKARTA -Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyebut pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, telah diserahkan ke Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia. Penyerahan itu dilakukan setelah Philip Mark Mehrtens dipastikan kondisi kesehatannya usai dibebaskan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Tadi, baru saja, saya mewakili pemerintah RI secara resmi telah menyerahkan Kapten Pilot Philip Martin kepada Pemerintah Selandia Baru yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru di Jakarta yaitu Bapak Kevin," ujar Hadi kepada wartawan, Sabtu, 21 September.

Tak lupa, Hadi juga mengapresiasi TNI-Polri, tokoh agama, dan pihak terkait yang terlibat dalam upaya pembebasan Philip Mark Mehrtens selama 1,5 tahun. Sebab, proses negosiasi dengan pendekatan soft approach bukanlah perkara yang mudah.

"Tentunya berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembebasan sandera yaitu Kapten Philip Martin," sebutnya.

"Proses pembebasan ini adalah hasil kerja keras kita bersama dan kita patut bersyukur bahwa pilot Kapten Philip saat ini sudah kita serahkan kepada Duta Besar Selandia Baru," sambung Hadi.

Sebagai informasi, Kapten Philip Mark Mehrtens disandera oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023. Berbagai upaya telah dilakukan untuk membebaskannya.

Hingga akhirnya, Kapten Philip Mark Mehrtens dibebaskan pada Sabtu, 21 September. Pembebasan itu usai Satgas Damai Cartenz 2024 bernegosiasi dengan KKB.