Bagikan:

JAKARTA - Serangan pesawat tak berawak Ukraina dalam skala besar terhadap Rusia memicu ledakan seperti gempa bumi di gudang senjata di wilayah Tver. Serangan Ukraina memaksa evakuasi penduduk kota terdekat.

Video dan gambar yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan bola api besar membubung tinggi di langit dan beberapa ledakan terjadi di danau sekitar 380 km (240 mil) barat Moskow.

Satelit NASA menangkap sumber panas yang kuat yang berasal dari area seluas sekitar 14 kilometer persegi (5 mil persegi) di lokasi tersebut pada dini hari dan stasiun pemantau gempa menangkap apa yang menurut sensor merupakan gempa kecil di daerah tersebut.

“Musuh menyerang gudang amunisi di wilayah Toropets,” kata Yuri Podolyaka, seorang blogger militer pro-Rusia kelahiran Ukraina dilansir Reuters, Rabu, 18 September.

“Segala sesuatu yang bisa terbakar sudah terbakar di sana (dan meledak),” imbuhnya.

Media pemerintah Rusia di masa lalu melaporkan gudang besar senjata konvensional terletak di lokasi ledakan.

Igor Rudenya, gubernur wilayah Tver, mengatakan drone Ukraina ditembak jatuh, kebakaran terjadi, dan beberapa warga sedang dievakuasi. Dia tidak menyebutkan apa yang terbakar.

Seorang wanita mengatakan kepada Reuters anggota keluarganya dievakuasi dari Toropets.

“Kebakaran dimulai dengan ledakan,” kata wanita yang mengidentifikasi dirinya sebagai Irina.

Situasi di Toropet stabil hingga tengah hari waktu setempat (09.00 GMT) dan warga yang dievakuasi dapat kembali. Api telah padam dan tidak ada korban jiwa yang tercatat.