Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengklaim menumpang jet pribadi milik kawannya saat ke Amerika Serikat karena searah.

Hal ini disampaikan oleh juru bicaranya, Francine Widjojo yang ikut mendampingi anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu saat mendatangi gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan pada hari ini, Selasa, 17 September. Karena sama-sama ke Amerika Serikat, Kaesang bersama istri, Erina Gudono ikut dalam rombongan tersebut.

“Kebetulan searah jadi nebeng,” kata Francine kepada wartawan, Selasa, 17 September.

Francine tidak menginformasikan nama teman Kaesang itu. Ia hanya menyebut keberangkatan tersebut jadinya maju dua hari dari yang dijadwalkan.

Kaesang yang tadinya berencana bakal berangkat pada 20 Agustus justru memajukan jadwalnya, yakni 18 Agustus. “Nebeng saja, itu kan diskusi antar teman saja,” tegasnya.

“Pas masih muat, kebetulan masih muat makanya bisa bareng lah,” sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebut telah menjelaskan perihal penggunaan fasilitas jet pribadi yang digunakannya saat plesir ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono. Klaimnya, dia menumpang pesawat milik temannya.

“Saya menyampaikan informasi mengenai perjalanan saya ke AS yang menumpang atau nebeng temen saya,” kata Kaesang kepada wartawan di gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September.

Kaesang juga menyebut sudah minta saran ke KPK soal tudingan dirinya menerima gratifikasi dari pihak lain. Sehingga, dia dengan inisiatifnya memilih mendatangi KPK.

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyebut tak mendapatkan panggilan. “Kedatangan saya hari ini ke KPK adalah karena inisiatif pribadi sebagai warga negara yang baik,” tegasnya.

“Bukan karena panggilan atau undangan tertulis dari KPK walaupun saya bukan pejabat maupun penyelenggara negara,” pungkasnya.