Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak menegaskan bahwa netralitas TNI-Polri pada Pilkada 2024 yang digelar pada November mendatang tidak perlu diragukan. Menurutnya, seluruh mekanisme dan aturan yang mengatur netralitas TNI-Polri sudah berjalan sebagaimana mestinya.

“Tidak ada masalah, semua sudah disiapkan. Kita sudah mendukung kepolisian yang dioperasionalkan oleh Mabes TNI,” ungkap Maruli di ballroom Hotel Raffles, Jakarta Selatan, pada Senin 16 September.

Maruli juga tidak mengkhawatirkan potensi kegaduhan saat pilkada nanti, karena ia percaya masyarakat sudah lebih memahami proses pemilihan umum berkat pengalaman dari berbagai pemilu sebelumnya.

Menurutnya, literasi politik masyarakat semakin matang, sehingga tidak ada alasan untuk meragukan kesiapan mereka dalam menghadapi pilkada.

"Kita siap kok. Masyarakat sekarang sudah berulang kali mengadakan pemilihan umum, jadi mereka sudah semakin mengerti apa yang harus dilakukan. Saya pikir mudah-mudahan tidak ada masalah," sambungnya.