Legislator Usul Bentuk Panja Investigasi Kebakaran Kilang Balongan
Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). (Foto: Dedhez Anggara/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Nurhasan Zaidi mengusulkan pembentukan panja khusus investigasi kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Hal ini sebagai upaya antisipasi agar musibah serupa tidak terjadi.

“Kami kaget dan prihatin dengan kejadian kebakaran ini. Dalam industri perminyakan dan gas, harusnya semua sudah dipastikan zero accident, standar operasionalnya harus ketat dan dan tidak bisa ditawar untuk semua pihak," ujar Nurhasan, Selasa, 30 Maret.

Menurutnya, peristiwa tersebut merupakan momentum untuk melakukan audit menyeluruh terhadap seluruh kinerja kilang minyak yang ada.

"Ini menjadi langkah penting untuk melakukan audit menyeluruh terhadap seluruh kilang minyak PT Pertamina," katanya.

Di samping itu, kata Nurhasan, otoritas seperti BPH Migas dan Kementerian ESDM juga harus memastikan seluruh langkah revitalisasi kilang dilakukan dengan serius.

Dia mendesak Pertamina dan pemerintah mengambil langkah-langkah yang cepat untuk mengatasi dampak dari peristiwa tersebut. 

"Terutama penanganan korban yang mayoritas warga sekeliling kilang serta pemulihan kondisi," tandasnya.