Bagikan:

JAKARTA - Kereta Api Indonesia mengoperasikan Kereta Api (KA) Blambangan berangkat dari Stasiun Pasar Senen - Stasiun Ketapang sejak 27 Juli 2024. Rute ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang hendak berlibur ke Pulau Bali melalui transportasi darat.

"Bagi pelanggan yang ingin berlibur ke Pulau Bali, KA Blambangan ada kemudahan akses karena pelabuhan penyeberangan Gilimanuk Bali terletak sekitar 200 meter dari Stasiun Ketapang," kata Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko saat dikonfirmasi VOI, Minggu, 8 September.

Dengan rute yang lebih panjang ini, KAI Daop 1 Jakarta berharap dapat mempermudah perjalanan pelanggan yang sebelumnya harus transit di beberapa stasiun.

Sebelumnya, KA Blambangan berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan berhenti di Stasiun Bekasi serta Karawang. Kemudian KA Blambangan juga melayani rute dari Stasiun Semarang Tawang menuju Ketapang (PP). Namun saat ini, KAI memperpanjang rute operasi dari Stasiun Pasar Senen - Stasiun Ketapang.

"Harga tiket untuk kelas eksekutif itu kisaran Rp 700 ribu, untuk kelas ekonomi itu kisaran Rp 400 ribu. Bisa dicek langsung di access by KAI disana lengkap detail," ujarnya.

Dikatakan Ixfan, KA Blambangan hingga 7 September 2024 telah melayani 12.993 pelanggan, dengan rata-rata 303 pelanggan per hari dari Daop 1 Jakarta.

"Penumpang yang naik dari stasiun-stasiun di Daop 1 Jakarta mencakup 74 persen dari total tempat duduk yang disediakan," ucapnya.

Ixfan menyebutkan, bahwa KA Blambangan telah menunjukkan angka okupansi yang tinggi, mencapai 74 persen dari kapasitas tempat duduk, yaitu 408 seat per hari.

Kereta ini berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 12.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pada pukul 04.55 WIB dengan waktu tempuh 16 jam 40 menit.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai KA Blambangan dan layanan lainnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun," katanya.