Bagikan:

JAKARTA - Puluhan personel pemadam kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Barat berhasil melakukan pemadaman api yang membakar bangunan semi permanen berupa puluhan lapak pemulung dan kosan 12 pintu di Jalan Muwardi Raya, RT 07/04, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Api padam sekitar pukul 09.10 WIB. Kami kerahkan total 17 unit mobil pemadam dengan 85 personel petugas ke lokasi," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, Syarifudin saat dikonfirmasi, Minggu, 8 September.

Menurut keterangan saksi dan hasil pengolahan data petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, penyebab terjadinya kebakaran diduga akibat korsleting listrik sehingga memicu percikan api hingga menghanguskan sejumlah bangunan dengan luas 360 meter persegi.

"Objek terbakar lapak yang dihuni oleh 10 KK dengan 12 jiwa dan kosan 12 pintu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 700 juta," ujarnya.

Kebakaran itu berawal ketika Hafid, salah satu penyewa rumah melihat kemunculan api dari lapak bagian belakang. Saat kejadian, kondisi tengah sepi tidak ada orang.

"Saksi melihat awal api di lapak bagian belakang samping tumpukan kardus samping mcb listrik. Saksi mencoba memadamkan namun tidak bisa api sudah membesar," katanya.

Dalam kebakaran tersebut, sebanyak 4 orang petugas pemadam mengalami luka akibat proses pemadaman api. Korban berinisial DK, MW dan AR dirawat di RS Sumber Waras. Sedangkan UB dirawat di RS Tarakan. Dua orang PPSU berinisial R dan AN juga dirawat di RS Sumber Waras.

Sebelumnya diberitakan, bangunan rendah semi permanen di Jalan Muwardi Raya, RT 07/04, Kelurahan Grogol, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dilanda kebakaran pada Minggu, 8 September, pagi.

Warga melaporkan kejadian kebakaran pos pemadam sekitar pukul 06.30 WIB. Selanjutnya, sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi guna memadamkan api.