Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah perwakilan lintas agama menghadiri pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 4 September.

Tampak Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya bersama lima perwakilan lintas agama lainnya. Sementara pejabat yang mewakili Indonesia, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi dan Paus Fransiskus membicarakan terkait perkembangan perdamaian global. Indonesia dan Vatikan mempunyai komitmen sama dalam mewujudkan perdamaian dunia.

“Indonesia dan Vatikan memiliki komitmen sama, yaitu memupuk perdamaian dan persaudaraan serta menjamin kesejahteraan bagi umat manusia," kata Jokowi.

Jokowi berharap perjalanan apostolik yang juga merupakan kunjungan kenegaraan itu dapat menghasilkan dukungan perdamaian dan resolusi konflik Rusia-Ukraina dan Palestina.

Jokowi mengatakan selama 4 hari kunjungan di Indonesia, Paus Fransiskus akan melakukan sejumlah pertemuan. "Beliau Yang Teramat Mulia Sri Paus melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan diplomatik, wakil-wakil masyarakat, tokon lintas agama di Masjid Istiqlal serta misa kudus,” pungkasnya.