Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel ini akan dibahas profil Andra Soni, politikus Partai Gerindra yang akan maju di kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Sebagaimana diketahui, pada Pilgub Banten 2024, Andra Soni berpasangan dengan politisi PKS, Ahmad Dimyati Natakusumah. Pasangan ini mendapatkan dukungan dari 10 partai politik untuk berlaga di Pilgub.

Kesepuluh partai yang mendukung Andra Sonoi-Dimyati antara lain Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

Profil Andra Soni

Profil Andra Soni merupakan kader Partai Gerindra. Ia lahir di Payakumbuh, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1976. Ketika masih balita, Andra dibawa kedua orangtuanya ke Malaysia yang saat itu menjadi TKI ilegal di negeri Jiran.

Meski berstatus sebagai anak TKI ilegal, Andra tetap mendapat kesempatan sekolah dari Pemerintah Malaysia. Ia masuk ke sekolah setara Sekolah Dasar (SD).

Setelah tamat SD, Andra bersama kakaknya kembali ke Tanah Air dan tinggal di Ciledug, Kota Tangerang. Kembalinya Andra ke Indonesia lantaran ia tak memiliki dokumen yang lengkap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Malaysia.

Berikutnya, Andra melanjutkan pendidikan ke salah satu SMP di Jakarta. ia menjalani masa sekolah dengan ekonomi serba pas-pasan. Bahkan, tak jarang Anda menginap di rumah temannya karena kehabisan ongkos untuk pulang. Karena sering kehabisan ongkos, Andra pun ditawari untuk menginap di rumah temannya itu.

Ternyata, ayah temannya itu adalah Raden Muhidin Wiranata Kusuma, putra dari Raden Aria Adipati Wiranata Kusuma yang pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri pertama RI.

“Itu bapak angkat saya. Dia yang melanjutkan saya sekolah sampai saya lulus SMA,” kata Andra disadur VOI dari laman resmi DPRD Provinsi Banten, Senin, 2 September 2024.

Setelah lulus MS, Andra bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta. ia pun menyisihkan sebagian pendapatannya untuk mendaftar kuliah di STIE Bhakti Pembangunan program Diploma III.

Tetapi di tengah Jalan, perusahaan yang mempekerjakan Andra mengalami kebangkrutan akibat krisis mineter. Dia pun beralih pekerjaan menjadi kurir atau pengantar surat.

Kesibukan bekerja dan kuliah terus dijalani Andra hingga kariernya meningkat dari waktu ke waktu, mulai dari menjadi salesman, kepala cabang, hingga marketing manager.

Berbekal pengalaman yang cukup, Andra pun bertekad untuk membangun perusahaan sendiri di bidang ekspedisi. Perlahan namun pasti, bisnis yang digeluti Andra berhasil. Perusahaan yang ia bangun kini memiliki perwakilan di beberapa negara.

Setelah sukses di dunia bisnis, Andra memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Pada Pemilu 2024, Andra maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Gerindra dan berhasil lolos dengan perolehan suara yang cukup memuaskan.

Berikutnya, Partai  Gerindra mengangkat Andra menjadi Sekretaris DPD Gerindra Banten mendampingi Desmon J Mahesa.

Pada Pemilu 2019, Andra kembali ikut kontestasi. Dengan berbagai pertimbangan, Gerindra merekomendasikan Andra menjadi Ketua DPRD Provinsi Banten. Ia pun dilantik pada Senin, 16 September 2019.

Setelah lima tahun menduduki kursi Ketua DPRD Banten, Gerindra dan Partai Demokrat mengusung Andra sebagai calo gubernur untuk maju dalam kontestasi Pilgub Banten 2024. Ia dipasangkan dengan kader PKS, Dimyati Natakusumah.

Demikian informasi tentang profil Andra Soni. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.