Bagikan:

JAKARTA - Ribuan pelajar gabungan mulai dari tingkat SMP, SMA dan SMK BPS&K 2 Jakarta menggelar karnaval budaya nusantara dalam puncak perayaan HUT RI ke-79 di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur hari ini.

Karnaval ini diikuti oleh ribuan pelajar dari sekolah BPS&K Duren Sawit. Para peserta karnaval menggabungkan semangat nasionalisme dan kebhinekaan yang telah terkonsep secara matang.

Pasalnya, para peserta karnaval ini rela harus mengenakan pakaian cosplay tokoh - tokoh pejuang kemerdekaan dengan penuh karakter. Berbagai teatrikal kisah perjuangan kemerdekaan juga diperagakan dalam karnaval tersebut.

Ribuan pelajar dengan berbagai pakaian adat pun ikut dalam karnaval perayaan puncak hari kemerdekaan RI. Bahkan yang tak kalah menarik, terdapat pakaian yang terbuat dari berbagai sampah plastik dan dikenakan sebagai gaun oleh sejumlah siswi peserta karnaval.

Keberadaan patung ogoh - ogoh Hanoman Bali yang ikut diarak dalam karnaval antar pelajar itu juga menjadi sorotan warga.

Adapun karnaval dimulai sejak Sabtu pagi sekitar pukul 07.00 WIB dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Karnaval yang diikuti oleh ribuan pelajar sekolah ini dibagi menjadi beberapa kelompok tiap kelas. Perkelompok memiliki tema berbeda.

"Karnaval ini ada penilaian dari pihak sekolah. Bagi kelompok yang juara 1 akan mendapatkan hadiah pembinaan senilai Rp 10 juta," kata Ketua Yayasan BPS&K 2 Jakarta, Tri Ratmoko kepada wartawan di lokasi, Sabtu, 31 Agustus.

FOTO: Rizky Sulistio

Para pelajar yang ikut dalam karnaval terlihat sangat antusias. Mereka juga melakukan aksi long march sejauh 6 kilometer mulai dari sekolah BPS&K 2 Jakarta, Jalan Bina Karya, Jalan H. Miran, pintu air Malaka Sari, Jalan Raden Inten, Jalan Bojong Indah dan kembali lagi ke sekolah.

"Total ada 2680 peserta dari pelajar gabungan SMP, SMA dan SMK serta para guru yang ikut dalam karnaval perayaan kemerdekaan tahun ini. Kegiatan karnaval pelajar ini dilakukan setiap tahun," ujarnya.

Kegiatan karnaval ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi tentang warisan budaya bangsa Indonesia dan cinta tanah air. Warga sekitar dan pengendara yang melintas juga turut menyaksikan aksi karnaval budaya nusantara yang diikuti oleh ribuan pelajar sekolah.