Bagikan:

JAKARTA - Istana Negara mengundang sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden, seperti Presiden kelima Megawati Soekarnoputri hingga Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk hadir dalam perayaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, pada 17 Agustus 2024.

Deputi Protokol dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana menyebut undangan tersebut dikirim hari ini, Kamis 8 Agustus 2024.

“Rencana hari ini, untuk para mantan, baik mantan presiden maupun wakil presiden akan segera dikirim undangannya,” katanya saat dijumpai di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis kemarin.

Setelah menyebar undangan, Yusuf mengatakan, Sekretariat Presiden juga akan meminta konfirmasi kehadiran kepada para tokoh yang diundang untuk memfasilitasi kehadiran mereka.

“Kami juga akan melakukan atau memohon konfirmasi kehadiran beliau-beliau sehingga kami dapat mengatur rencana kehadiran beliau dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Diketahui, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan dalam perayaan HUT ke-79 RI secara  perdana akan digelar di IKN. Perayaan HUT RI di IKN ini menjadi yang pertama dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Rencananya, perayaan HUT RI akan dilakukan secara hybrid atau terkoneksi di IKN dan Istana Merdeka Jakarta. Pihak Istana pun membagi undangan untuk hadir di dua tempat itu.

Berdasarkan keterangan M Yusuf Permana, Berikut daftar tokoh yang diundang di IKN dan Istana Merdeka:

Istana Garuda, IKN: Presiden dan ibu negara, presiden terpilih, mantan presiden, pimpinan lembaga negara, menteri-menteri, panglima TNI dan kapolri, kepala staf TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya, masyakat umum sekitar IKN dan para pekerja pembangunan IKN.

Istana Merdeka, Jakarta: Wakil presiden, wakil presiden terpilih, mantan wapres, menteri-menteri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya, pejabat TNI-Polri, ASN, masyarakat sekitar Istana Merdeka hingga duta besar negara sahabat.