Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan-perusahaan Jepang meningkatkan upaya mereka untuk memperkenalkan kendaraan otonom di Bandara Internasional Haneda Tokyo, pusat transportasi bagi pelancong dari dalam maupun luar negeri

Di Haneda Innovation City, kompleks komersial dan bisnis di dekat bandara, bus tanpa pengemudi Level 4, kendaraan yang sepenuhnya otomatis dalam kondisi tertentu, akan mengangkut orang di dalam lokasi secara gratis.

Kendaraan dengan 11 penumpang akan beroperasi pada rute 800 meter dengan kecepatan maksimum 12 kilometer per jam, sementara statusnya dipantau dari jarak jauh, melansir Kyodo News 4 Agustus

Proyek ini melibatkan Boldly Inc., anak perusahaan operator seluler SoftBank Corp. yang mengkhususkan diri dalam kendaraan tanpa pengemudi, dan kontraktor umum Kajima Corp., salah satu perusahaan yang mengoperasikan kompleks tersebut.

Operator bus menjadi yang pertama di sektor swasta yang memperoleh persetujuan dari otoritas untuk menyediakan layanan publik menggunakan kendaraan Level 4 pada Bulan April.

Kedua perusahaan tersebut memiliki rencana untuk memperkenalkan kendaraan otonom yang menghubungkan kompleks dan bandara pada rute pulang pergi sepanjang 3,9 km sekitar tahun 2026.

Diketahui, Jepang menghadapi kekurangan tenaga kerja yang akut dan sektor transportasi merupakan salah satu yang paling terpukul. Pemerintah sedang mempromosikan penggunaan kendaraan tanpa pengemudi untuk mengatasi kekurangan pengemudi bus dan taksi.

Bulan lalu, All Nippon Airways Co. dan Toyota Industries Corp. menguji kendaraan penarik Level 4 di Haneda, dalam uji coba pertama yang dilakukan di dalam area terbatas bandara domestik. Setelah memeriksa keselamatan dan pengoperasian, perusahaan berencana untuk mulai menggunakannya pada tahun 2025.

Dilengkapi dengan kamera dan sensor untuk menghindari objek di jalurnya, kendaraan penarik tanpa pengemudi yang membawa enam kontainer melaju sekitar 2 km antara landasan pacu dan fasilitas terdekat dengan kecepatan sekitar 15 km selama demonstrasi pada Bulan Juli.