Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, secara resmi membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Tahun 2024 di Gelora Paman Birin, Banjarbaru, pada Kamis (22/8/2024). Acara pembukaan ini dimeriahkan oleh tarian kolosal Geopark Meratus, yang menampilkan kekayaan budaya serta keindahan alam Kalsel.

Tarian kolosal tersebut menjadi simbol kebanggaan masyarakat Kalsel terhadap Porwanas XIV, yang telah berlangsung sejak 19 Agustus dan akan berakhir pada 26 Agustus 2024. Dalam sambutannya, Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan apresiasi kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang mempercayakan Kalsel sebagai tuan rumah.

Gubernur Sahbirin Noor berharap Porwanas XIV dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di Kalsel, sekaligus menjadi momentum untuk meningkatkan profesionalisme wartawan.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, juga mengapresiasi dukungan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, terutama dalam pembangunan Gelora Paman Birin. "Porwanas adalah event pertama yang memanfaatkan GOR ini," ujar Hendry Bangun. Dukungan ini pula yang menjadi alasan SIWO PWI Pusat memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sebagai Kepala Daerah Peduli Olahraga.

Salah satu keistimewaan Porwanas XIV adalah pertama kalinya karya jurnalistik dijadikan cabang olahraga yang dilombakan. Hendry Bangun berharap, melalui Porwanas XIV yang diikuti 38 kontingen PWI Provinsi se-Indonesia, potensi dan pembangunan di Kalsel dapat lebih dikenal, terutama lewat foto-foto unik dan karya jurnalistik berkualitas yang mengangkat objek wisata Ecopark Meratus.

Acara pembukaan Porwanas XIV turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Tursandi, dan Komite Eksekutif KOI Hifni Hasan.