Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Iran menutup dua cabang organisasi yang berafiliasi dengan Jerman karena kegiatan ilegal dan penipuan keuangan.

Kantor berita pengadilan Mizan menyebut tindakan ini diprotes oleh Berlin dengan pemanggilan duta besar Iran.

Dilansir Reuters, Mizan mempublikasikan gambar pada Selasa, 20 Agustus, yang menunjukkan pasukan keamanan menurunkan spanduk Institut Bahasa Jerman di Teheran, yang terkait dengan kedutaan Jerman.

“Selain itu, ada laporan pelanggaran yang dilakukan oleh pusat-pusat lain yang berafiliasi dengan Jerman dan penyelidikan mengenai masalah ini sedang berlangsung,” sambung Mizan.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman mengutuk tindakan terhadap lembaga bahasa tersebut dalam pernyataan yang tidak menyebutkan organisasi lain.

Duta Besar Teheran akan dipanggil sehubungan dengan insiden tersebut, kata juru bicara tersebut, dan menambahkan: “Kami menyerukan kepada pemerintah baru Iran untuk segera mengizinkan pengajaran dilanjutkan.”

Pada Juli, Jerman melarang Islamic Center Hamburg (IZH) dan organisasi afiliasinya karena “mengejar tujuan Islam radikal”, menurut kementerian dalam negeri.