Bagikan:

JAKARTA - Bahlil Lahadalia menjadi calon ketua umum (caketum) tunggal dalam pelaksanaan Munas XI Partai Golkar. Dapat dipastikan, Bahlil bakal ditetapkan sebagai ketua umum Golkar secara aklamasi. 

Ketua Pelaksana Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan lantaran hanya ada satu caketum maka kemungkinan Munas Golkar akan diakhiri malam ini juga dengan agenda pengumuman ketua umum definitif periode 2024-2029. 

"Agenda Munas sebagaimana telah disepakati dalam forum Rapimnas tadi pagi akan diselenggarakan selama dua hari dari 20-21 Agustus 2024," ujar Bamsoet saat sambutan pembukaan Munas XI di JCC, Jakarta, Selasa, 20 Agustus. 

Adapun susunan acara Munas hari ini meliputi agenda penjelasan materi Munas XI, dilanjutkan pengesahan jadwal Munas, pengesahan tata tertib pemilihan pimpinan Munas, penyampaian laporan pertanggungjawaban DPP Partai Golkar periode 2019-2024 yang akan disampaikan oleh Plt ketua umum DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita. Hingga penetapan tata cara pencalonan dan pemilihan ketua umum ketua formatur dan anggota formatur DPP anggota Partai Golkar periode 2024-2029. 

"Kemudian pengumuman bakal calon ketua umum langsung ditetapkan. Kemudian penyampaian visi misi karena calonnya hanya satu maka mudah-mudahan malam ini langsung kita bungkus," kata Bamsoet. 

Bamsoet menilai, pemilihan ketua umum tidak dilakukan lagi lantaran hanya ada calon tunggal ketua umum, yakni Bahlil Lahadalia. Sehingga bila perlu, kata Bamsoet, acara Munas Golkar bisa segera ditutup karena sudah ada ketua umum definitif yang baru. 

Jika Munas dirampungkan nanti malam, maka agenda hanya tinggal pengumuman dan penetapan komposisi dan personalia DPP Partai Golkar periode 2024-2029 yang ditutup oleh pernyataan politik ketua umum terpilih. 

"Pemilihan ketua umum tidak ada lagi karena sudah hanya tunggal, satu calon ketua umum. Sehingga mudah-mudahan malam ini kita bisa bungkus semua, dan besok kita tinggal pelantikan kalau memungkinkan," kata Waketum Partai Golkar itu.

Munas XI Golkar dihadiri oleh 1.500 peserta yang terdiri dari pengurus Partai Golkar, Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Kehormatan, Dewan Penasihat dan Dewan Etik Partai Golkar.

Hadir pula unsur organisasi sayap seperti AMPG, KPPG dan hasta karya yang terdiri dari Soksi, Kosgoro 1957, MKGR, pengajian Al Hidayah, AMPI, Himpunan Wanita Karya, dan Satkar ulama. Serta dihadiri ketua, sekretaris dan bendahara DPD Partai Golkar tingkat provinsi dan kabupaten kota.