Bagikan:

JAKARTA - Politikus senior PKS Suswono buka suara soal pencalonannya yang tiba-tiba dipilih sebagai calon wakil gubernur Jakarta untuk mendampingi Ridwan Kamil. Menurutnya, kader PKS harus siap jika ditugaskan maju Pilkada oleh partai. 

"Saya posisinya posisi ditugaskan. Kalau di posisi ditugaskan kan sebagai kader harus siap maju," ujar Suswono usai dideklarasikan sebagai cawagub di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 19 Agustus. 

Terkait pertimbangan PKS yang menugaskannya setelah sebelumnya menetapkan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman, Suswono enggan berkomentar. 

"Nah pertimbangan latar belakangnya apa dan sebagainya, ya tentu silakan bisa dikonfirmasi ke DPP," katanya. 

Mantan Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga tak mau berkomentar soal kemungkinan melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta 2024. Meskipun saat ini sudah ada pasangan calon dari jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana di Pilgub Jakarta. 

"Wah saya nggak tau, nggak tahu menahu. Posisi saya yang jelas sekarang disuruh maju dan ikut kontestasi, ya saya tentu akan mendukung sepenuhnya calon gubernur untuk bagaimana kita berdua ini bisa memenangkan kontestasi ini," ungkapnya. 

 

Sementara mengenai komunikasi PKS dengan Anies Baswedan pasca banyak mengusung di Pilkada Jakarta, Suswono mengatakan masih terjalin baik. 

"Tentu baik, tetap selalu berkomunikasi. Saya yakin DPP pasti berkomunikasi, dan jika saya yang ditugaskan pasti sudah dikomunikasikan," pungkasnya.