Bagikan:

MOSKWA - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 7,0 mengguncang kawasan lepas pantai Semenanjung Kamchatka di timur jauh Rusia, Minggu 18 Agustus dini hari.

Kementerian penanganan bencana Rusia mengatakan, guncangan terasa di sepanjang pantai termasuk di ibu kota wilayah tersebut, Petropavlovsk-Kamchatsky.

"Tim operasional penyelamat dan pemadam kebakaran sedang memeriksa gedung-gedung," kata pihak Kementerian Darurat Rusia di wilayah Kamchatka.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa bumi terjadi pada kedalaman hampir 50 kilometer (30 mil), sekitar 90 kilometer di timur Petropavlovsk-Kamchatsky,

Pusat peringatan tsunami AS awalnya mengeluarkan ancaman tsunami, tetapi kemudian menyatakan ancaman itu telah berlalu. Pemerintah Rusia bahkan tidak pernah mengeluarkan peringatan tsunami.

Layanan BMKG Rusia mencatat, beberapa gempa susulan kemudian tercatat setelah gempa awal, tetapi dengan intensitas yang lebih rendah.

Semenanjung ini terletak pada sabuk seismik aktif yang mengelilingi sebagian besar Samudra Pasifik yang dikenal sebagai "Cincin Api", dan merupakan rumah bagi lebih dari dua lusin gunung berapi aktif.