Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). Jokowi menjadi inspektur apel.

Upacara digelar mulai pukul 00.00 WITA, Jumat, 16 Agustus 2024. Jokowi tampak mengenakan jas dan peci berwarna hitam.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 17 Agustus, Jokowi terlihat datang bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi. Tampak Iriana mengenakan pakaian berwarna putih.

"Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-79 kemerdekaan Republik Indonesia, kami yang hadir pada hari ini, Sabtu, 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WITA pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makan Pahlawan maupun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, dusun-dusun, lereng-lereng gunung, lembah-lembah ngareh dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," kata Jokowi saat membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya," imbuh Jokowi.

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Kemudian pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan penghormatan kepada arwah para pahlawan.