Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah sosok yang ingin mengambil alih partainya dari tangan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

Hal ini disampaikan Hasto saat disinggung soal sosok yang disebut Megawati dalam pidatonya pada Rabu, 15 Agustus kemarin. Katanya, nama ini sebenarnya sudah sering disampaikan dalam berbagai kesempatan.

“Itu pernah saya sampaikan di dalam beberapa diskusi karena ada seorang menteri dalam kabinet Bapak Jokowi yang menyatakan keinginan dari Pak Jokowi untuk menduduki posisi Ketua Umum PDI Perjuangan,” kata Hasto kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Juli.

Hasto menyebut kondisi ini memang hanya rumor awalnya. Tapi, belakangan terjadi apalagi jika melihat Partai Golkar sekarang.

Diketahui, Airlangga Hartarto mundur sebagai ketua dan digantikan pelaksana tugas (Plt) Agus Gumiwang Kartasasmita. “Kemudian melihat apa yang terjadi dengan Partai Golkar yang mula-mula juga ada rumor seperti itu, ternyata itu kan terjadi,” tegasnya.

“Maka apa yang disampaikan Ibu Megawati Soekarnoputri adalah benar,” sambung Hasto.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut ada pihak yang berencana mengambil partainya. Akibatnya, dia tak jadi pensiun di usia 77 tahun.

Apalagi, banyak kader partai berlambang banteng yang memintanya kembali menjadi ketua umum. “Aku dengar gitu. Tadinya aku, ‘gue mau pensiun ah’. Saya sudah punya cicit kan, ‘aduh cicitku lucu banget, aduh jadi darling saya’. Aih, tahu-tahu disuruh jadi ketua umum tapi enggak nurut semua. Ngapain ya,” kata Megawati dalam sambutannya saat memberikan surat rekomendasi calon kepala daerah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu, 14 Agustus.

“Eh begitu dengar ini akan diambil kayaknya PDIP saya mau jadi ketua umum lagi, hahaha,” sambung dia.