Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko (Widodo) menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangganya kepada atlet yang berhasil meraih medali pada Olimpiade Paris 2024. Sebagai bentuk apresiasi negara terhadap perjuangan atlet, presiden menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali di Olimpiade Paris 2024.

Penyerahan bonus dilakukan di halaman Istana Merdeka, Kamis 15 Agustus.

Presiden berharap para atlet peraih bonus bisa memanfaatkan apresiasi ini sebaik mungkin. "Bonus ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi meningkatkan prestasi dan kembali mengharumkan nama bangsa," ujar Presiden dalam sambutannya.

Jokowi berharap prestasi yang diperlihatkan atlet peraih medali menjadi motivasi bagi atlet lain untuk berlomba-lomba meraih prestasi di event-event lainnya.

“Keberhasilan yang diraih atlet tidaklah instan, perlu proses panjang. Ini berkaitan dengan pelatihan panjang serta berkelanjutan dan identifikasi bakat dini,” lanjut Presiden.

Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo dan  atlet angkat berat Rizky Juniansyah yang meraih emas mendapat bonus masing-masing sebesar Rp 6 miliar. Sedangkan, Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis) yang meraih medali perunggu mendapatkan bonus sebesar Rp 1,650 miliar.

Selain itu tidak ketinggalan bonus juga diberikan kepada pelatih masing-masing atlet. Pelatih angkat besi, Hendra Basir (panjat tebing) dan Triyatno (angkat besi) masing-masing meraih Rp 2,75 miliar.

Sedangkan Herli Zaenudin, pelatih Gregoria meraih bonus sebesar Rp 675 juta.

Selain itu, atlet menembak Fatur Gustavian menerima bonus Rp 250 juta dan pelatih senam Eva Butar Butar meraih Rp 250 juta.