Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan adanya potensi kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Kondisi tersebut dikarenakan adanya potensi tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah pada kategori sangat mudah terbakar. Prakirawan BMKG Raeni Chindi menyatakan, waspada di wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa, dan Bali.

Juga, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian selatan, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku bagian tenggara, serta sebagian kecil Papua Selatan.

“Waspada saat membakar sampah atau lahan, dan tidak membuang puntung rokok pada sembarang tempat untuk menghindari kebakaran lahan dan hutan,” ujar Raeni.

BMKG juga memprediksi suhu udara pada Kamis ini berkisar antara 16 derajat celsius hingga 34 derajat celsius. Sementara kelembapan udara antara 27% hingga 99%.

“Tinggi gelombang di perairan Indonesia rata-rata berkisar antara 0.5 hingga 2,5 meter,” kata Raeni.

Namun ada beberapa wilayah yang tinggi gelombangnya bisa mencapai 2,5 meter hingga 4 meter, yakni di Samudra Hindia barat, Samudra Hindia selatan, dan perairan selatan Pulau Sumbawa.

Sementara kecepatan angin di atas 25 knot terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten hingga barat daya Lampung yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah tersebut.