Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas yang menunjukkan nama Lalu Muhamad Iqbal meraih elektabilitas tertinggi untuk bursa calon gubernur pada Pilkada Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menjelaskan pihaknya melakukan survei pada periode 16-24 Juli 2024 dengan sistem penggunaan sampel multistage random sampling terhadap 800 responden dengan margin of error 3,5 persen

Hasilnya, dalam survei simulasi tiga nama tertinggi menunjukkan nama Lalu Muhamad Iqbal meraih elektabilitas 22,4 persen, sedangkan Bakal Calon Gubernur NTB Zulkieflimansyah meraih 21,5 persen dan posisi terakhir ada Sitti Rohmi Djalilah dengan perolehan elektabilitas 21 persen.

Tidak hanya melakukan survei untuk calon gubernur saja, LSI juga menggelar survei untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB.

"Sementara untuk simulasi pasangan maka pasangan calon Lalu Muhammad Iqbal-Dhamayanti Putri makin mendekati elektabilitas dari Zulkieflimansyah-Suhaili. Di posisi ketiga diisi oleh pasangan Hj Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin," kata Djayadi Hana dalam siaran persnya dilansir ANTARA, Senin, 12 Agustus.

Tercatat elektabilitas pasangan calon Iqbal-Dinda sudah mencapai 24,3 persen, mendekati pasangan Zulkieflimansyah dan Suhaili di angka 28,1 persen, sedangkan pasangan Rohmi-Firin ada di angka 19 persen.

"Memang belum melampaui secara statistik. Tapi betul Pak Iqbal sudah kompetitif, saat menghadapi petahana gubernur dan wakil gubernur," ujarnya.

Sementara untuk kategori popularitas, Zulkieflimansyah masih berada di urutan pertama dengan capaian 78,4 persen, disusul Rohmi dengan 73,9 persen, berikutnya Suhaili dengan 48,3 persen, dan terakhir Iqbal dengan 43,5 persen.

Walaupun berada di posisi terendah kategori popularitas, Djayadi menilai capaian angka Lalu Muhamad Iqbal cukup besar bagi seorang penantang petahana.

"Pak Iqbal sebagai sebagai pendatang baru menunjukkan sebagai penantang petahana, baik petahana gubernur maupun bersama pasangan masing-masing. Dari simulasi kandidat dan pasangan," kata dia.

Dengan capaian ini, tidak menutup kemungkinan pasangan Lalu Muhammad Iqbal dan Dhamayanti Putri akan mengalahkan sang petahana dalam perebutan kursi gubernur dan wakil gubernur NTB.