Bagikan:

JAKARTA – Anies Baswedan disebut seharusnya maju di Pilkada Jakarta 2024 melalui jalur independen. Sebab, gubernur petahana itu dianggap percaya diri dengan elektabilitasnya yang tinggi dalam setiap survei.

Menurut Ketua Umum Advokat Lingkar Nusantara (Lisan), Hendarsam Marantoko, hal inilah yang membuat Anies seolah-olah tidak membutuhkan dukungan partai politik di Pilkada Jakarta 2024.

“Anies begitu percaya diri dengan elektabilitasnya, sehingga seolah-olah tidak membutuhkan parpol. Bahkan paradigmanya terbalik, parpol yang butuh Anies. Jika seperti itu, harusnya Anies percaya diri maju dari jalur independen,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu 10 Agustus 2024.

Hendarsam mengungkapkan, parpol-parpol yang ada masih memiliki banyak kader berkualitas dan kapabilitas untuk menjadi kepala daerah. Karena itu, parpol-parpol seharusnya tidak membutuhkan Anies hanya untuk memenangi Pilkada Jakarta.

Dia juga menegaskan, parpol harus berani mengorbitkan kadernya sendiri atau tidak mendukung kader dari partai lain. Hal ini jauh lebih bernilai daripada mengusung individu tanpa identitas sehingga ada elite, termasuk Anies yang merasa lebih besar dari parpol.

“Anies tidak memerlukan parpol, biarkan dia berlaga dengan caranya sendiri. Itu penting untuk menguji kualitas demokrasi kita. Ini saat yang tepat untuk kita kembalikan ideologi dan identitas politik lebih bernilai dari sekadar popularitas,” tukas Hendarsam.

Dia menyatakan, saat ini Indonesia memerlukan parpol yang mampu berperan sebagai pilar demokrasi berkualitas, yang tidak mengutamakan gimik-gimik politik dan terjebak dalam popularitas seseorang.