Bagikan:

KALTIM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengalihkan lokasi upacara peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 dari semula di lapangan Kadrie Oening Sempaja menjadi digelar di Stadion Utama Palaran, Samarinda.

Lapangan Kadrie Oening saat ini sedang dipersiapkan untuk menjadi venue ajang MTQ Nasional karena Kaltim sebagai tuan rumahnya pada 6-16 September 2024. Upacara HUT RI pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Pengalihan lokasi upacara HUT RI kali ini dari Kadrie Oening supaya tak mengganggu persiapan Kaltim sebagai tuan rumah MTQ Nasional pada 6-16 September 2024. Namun, kami pastikan HUT RI di Stadion Utama Palaran tak kalah meriah," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, M Syirajudin di Samarinda, Minggu 4 Agustus, disitat Antara.

Syirajudin menambahkan, seluruh elemen masyarakat di Kaltim dilibatkan dalam upacara peringatan HUT RI tahun ini. Mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, organisasi masyarakat, hingga pelajar dari berbagai tingkatan.

"Kita mobilisasi semua peserta upacara, termasuk dari seluruh organisasi perangkat daerah, ASN, ormas, dan pelajar. Mereka akan hadir langsung untuk menyaksikan detik-detik Proklamasi, kenaikan dan penurunan bendera merah putih," tegasnya.

Terkait persiapan Paskibraka, Syirajudin mengatakan bahwa para pengibar bendera merah putih telah mengikuti pelatihan secara intensif. Selain itu, seluruh perlengkapan upacara juga telah disiapkan dengan baik.

"Paskibraka kita sudah siap. Mereka telah menjalani pelatihan di BPSDM. Semua perlengkapan upacara juga sudah kita siapkan," ujarnya.

Menurut Syirajuddin, pihaknya mempersilakan masyarakat umum untuk hadir dan mengikuti upacara peringatan HUT ke-79 RI di Stadion Utama Palaran. Pihak panitia menyediakan tempat yang cukup luas untuk menampung para pengunjung.

"Kapasitas Stadion Utama Palaran cukup besar menampung puluhan ribu orang. Selain upacara, akan ada juga berbagai hiburan seperti penampilan drumband dan kreasi paduan suara," kata Syirajudin.

Meskipun persiapan sudah cukup matang, Syirajudin mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa upacara peringatan HUT ke-79 RI tahun ini dapat berjalan dengan sukses, lancar dan meriah.

"Harapan kita, upacara tahun ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan persatuan bangsa," kata Syirajuddin.