Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 200 kapal dan perahu dikerahkan dalam perayaan Hari Angkatan Laut Rusia yang digelar hari ini, Minggu 28 Juli.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengatakan alutsista itu bakal unjuk gigi di pangkalan-pangkalan Armada, termasuk di Kaspia, serta pangkalan satuan tugas AL Rusia di Laut Mediterania.

"Pada 28 Juli 2024, parade angkatan laut dan festival olahraga militer yang menandai Hari Angkatan Laut Rusia akan berlangsung di St. Petersburg, di wilayah perairan pangkalan-pangkalan utama Armada Utara, Baltik, dan Pasifik, Armada Kaspia <…>, dan pangkalan satuan tugas permanen Angkatan Laut Rusia di Laut Mediterania," bunyi pernyataan Kemenhan Rusia, Minggu 28 Juli, diskutip dari Tass.

Di penghujung perayaan Hari Angkatan Laut Rusia di St. Petersburg dan pangkalan utama AL Rusia, bakal ada pertunjukan konser musik, band militer, dan atraksi kembang api.

"Hingga 200 kapal dan perahu dari berbagai kelas terlibat dalam Parade Angkatan Laut Utama, parade angkatan laut, dan pesta olahraga militer sebagai bagian dari komponen angkatan laut pada tahun 2024," tulis pernyataan.

Dalam acara ini, AL Rusia juga menerjunkan alutsista lainnnya. Sementara ribuan prajurit AL juga ikut terlibat dalam sejumlah pertunjukan militer.

"Lebih dari 100 peralatan militer dan hingga 15.000 prajurit juga terlibat dalam acara tersebut," demikian pernyataan.