Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar bertemu dengan mitranya dari China Wang Yi. Kedua menteri sepakat untuk menyelesaikan masalah perbatasan sesegera mungkin.

Kedua negara berbagi perbatasan Himalaya yang panjang dengan sebagian besar batas wilayahnya buruk, dan hubungan di antara mereka memburuk sejak bentrokan militer pada Juli 2020 ketika 20 tentara India dan empat tentara Tiongkok tewas.

Jaishankar bertemu Wang di sela-sela KTT ASEAN di Laos, hanya tiga pekan setelah pertemuan terakhir mereka di Kazakhstan, kata Kementerian Luar Negeri India pada Kamis, 25 Juli.

"Setuju tentang perlunya memberikan panduan yang kuat untuk menyelesaikan proses pelepasan. Harus memastikan penghormatan penuh terhadap LAC (Garis Kontrol Aktual) dan perjanjian masa lalu," kata Jaishankar dalam postingan di X.

Setelah pertemuan terakhir mereka di Kazakhstan, Wang mengatakan kedua negara harus menangani dan mengendalikan situasi di wilayah perbatasan sambil melanjutkan pertukaran normal di wilayah lain.

Kedua negara yang memiliki senjata nuklir, memperkuat posisi mereka dan mengerahkan pasukan serta peralatan tambahan di sepanjang perbatasan sejak konflik empat tahun lalu.

Kedua negara menjadi tetangga yang tidak akur selama beberapa dekade setelah perang perbatasan berdarah pada tahun 1962.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan  pihaknya dan Tiongkok sepakat mengenai perlunya bekerja dengan “tujuan dan urgensi untuk mencapai pelepasan sepenuhnya sedini mungkin”.