Bagikan:

JAKARTA - Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengatakan partainya tak akan tergesa-gesa mengusung calon kepala daerah di Pilkada 2024, tak terkecuali di Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Adian menanggapi sikap Partai Gerindra mengusung Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur di Jateng. Awalnya, dia menyebut partai berlambang banteng tentunya menghormati keputusan yang sudah dibuat.

“Bagus, enggak apa-apa. Siapapun yang dicalonkan oleh pihak manapun itu tidak akan membuat kita harus kemudian tergesa-gesa, tidak,” kata Adian seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa, 23 Juli.

Alih-alih terburu-buru, Adian bilang partainya memilih untuk mengedepankan pertimbangan yang matang. Sebab, seorang kepala daerah punya tanggung jawab berat saat mendapat amanah.

“Kita sadar bahwa seorang kepala daerah itu akan bertanggung jawab terhadap seluruh anggaran yang dipercayakan oleh rakyat pada dia. Bertanggung jawab terhadap seluruh kebijakan yang dikeluarkan, bertanggung jawab terhadap masa depan generasi di wilayah itu bagaimana kemudian kesehatan ibu dan anak dan sebagainya,” tegas Wasekjen PDIP tersebut.

“Jadi untuk mengambil keputusan siapa kepala daerah, kita harus bertimbang jauh lebih matang. Lebih dalam memeriksa track recordnya, keberpihakan dan sebagainya,” sambung Adian.

Lebih lanjut, Adian menegaskan pihaknya juga tak khawatir adanya kemungkinan penyalahgunaan kekuasaan. Katanya, PDIP sudah terlatih untuk berjuang.

“Kita lebih takut kalau rakyat miskin, kita lebih takut kalau rakyat menderita. Kita lebih takut kalau kemudian rakyat memilih pemimpin yang salah. Kita tidak pernah ragu dan takut dalam pertarungan, sekeras apapun selama kebenaran berada di pihak kita,” pungkasnya.