Bagikan:

JAKARTA - Rusia mengatakan menjatuhkan 75 pesawat tak berawak yang diluncurkan Ukraina. Beberapa yang diluncurkan berada di dekat kilang minyak Tuapse

Kementerian Pertahanan Rusia di aplikasi perpesanan Telegram mengatakan, drone Ukraina dihancurkan sistem pertahanan udara Rusia semalam. 

Rinciannya, delapan di dekat kota Tuapse di Laut Hitam di mana perusahaan minyak utama Rusia Rosneft (ROSN.MM) beroperasi, 47 di wilayah Rostov di barat daya Rusia, 17 di atas perairan laut Hitam dan Azov, delapan di atas wilayah Krasnodar, tempat Tuapse berada, dan satu pesawat tak berawak di atas wilayah Belgorod, Voronezh, dan Smolensk.

Kementerian sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin, 22 Juli, tidak mengatakan apakah sistem pertahanannya menghancurkan drone, atau apakah serangan itu menyebabkan kerusakan.

Sergei Boiko, kepala distrik Tuapse di wilayah Krasnodar, mengatakan infrastruktur Telegram dan bangunan tempat tinggal tidak rusak.

Pejabat Rusia jarang mengungkapkan sepenuhnya kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan Ukraina. Kilang Tuapse telah menjadi sasaran beberapa serangan udara Ukraina sejak dimulainya perang yang diluncurkan Rusia terhadap tetangganya yang lebih kecil pada tahun 2022.

Saluran berita SHOT and Mash Telegram Rusia melaporkan bahwa serangkaian ledakan terdengar di dekat kilang Senin pagi.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan Rusia secara independen. Tidak ada komentar langsung dari Ukraina. Kyiv sering mengatakan bahwa serangan terhadap militer, energi, dan infrastruktur transportasi Rusia merupakan tanggapan atas serangan terus-menerus Rusia terhadap wilayah Ukraina.