Bagikan:

JAKARTA - Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (AR-BP) berencana akan menggelar aksi damai kembali pada Agustus mendatang.

Hal ini sebagai bentul dukungannya terhadap warga Palestina.

“18 Agustus kita semua berkumpul lagi untuk aksi akbar," kata Ketua Komite Pengarah ARI-BP Din Syamsuddin kepada wartawan di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Juli.

Soal pemilihan 18 Agustus 2024 tersebut, kata dia, karena tanggal itu merupakan pengesahan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) sebagai konstitusi Indonesia.

“Karena di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang ditetapkan pada 18 Agustus Hari Konstitusi itu antara lain menyatakan bahwa kita bangsa Indonesia berjuang untuk mewujudkan perdamaian abadi,” ujarnya.

Sebagai informasi, Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina melakukan aksi damai di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, 21 Juli.

Aksi itu dikawal 1.598 petugas gabungan terdiri dari TNI-Polri hingga Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Kami melibatkan sejumlah 1.598 personel gabungan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Minggu, 21 Juli.