Bagikan:

LONDON - Kekerasan antarkelompok pria terjadi di London timur, Inggris. Polisi mengatakan bentrokan itu terkait dengan protes berdarah di Bangladesh.

Polisi turun tangan untuk memisahkan dua kelompok besar yang berkelahi di jalan di distrik Whitechapel bersamaan dengan demonstrasi yang lebih luas yang melibatkan ratusan orang.

Whitechapel, yang terkenal dengan kedai kari di Brick Lane, adalah rumah bagi sebagian besar penduduk etnis Bangladesh yang merupakan kelompok etnis terbesar di wilayah Tower Hamlets yang lebih luas.

“Saya menyadari bahwa peristiwa yang terjadi di Bangladesh dapat berdampak signifikan terhadap masyarakat di Tower Hamlets, namun kita tidak bisa membiarkan kekuatan perasaan tersebut berubah menjadi ancaman, kekerasan, dan kekacauan,” kata Kepala Detektif Polisi Inspektur James Conway dilansir Reuters, Jumat, 19 Juli.

Sejumlah mobil rusak dan dua petugas terluka saat polisi membentuk pembatas antara massa lawan dengan tameng pelindung.

Rekaman kerusuhan di media sosial menunjukkan puluhan pria melemparkan proyektil dan menyerang gerbang gedung di kawasan tersebut. Seorang pria ditangkap karena melanggar ketertiban umum.

Puluhan orang tewas di Bangladesh pekan ini dalam bentrokan dengan pasukan keamanan setelah protes yang awalnya dipicu oleh kemarahan mahasiswa atas kuota pekerjaan yang kontroversial.