Bagikan:

SUMSEL - Kepala Dinas Pariwisata (Kadinpar) Kota Palembang Sulaiman Amin dan mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Palembang Letizia memenuhi panggilan Kejaksaan, Rabu 10 Juli.

Keduanya merupakan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) dipanggil Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang sebagai saksi dalam kasus dana hibah PMI Palembang.

"Ya, saya datang terkait undangan kemarin ya, oke ya, makasih," kata Sulaiman yang tiba di kantor Kejari Palembang sekitar pukul 08.20 WIB. dan selesai pemeriksaan pukul 11.30 WIB.

Sementara Letizia usai dimintai keterangan mengaku bahwa dirinya di PMI Kota Palembang tidak mengelola anggaran dana hibah. Karena dirinya menjabat sebagai Bidang pelayanan kesehatan dan donor darah.

"Ya tadi sudah ditanyakan terkait dana hibah, dari mana sumbernya, digunakan untuk apa. Namun saya tidak mengetahui apapun terkait dana hibah karena di PMI Palembang saya hanya mengurusi terkait pelayanan kesehatan dan donor darah," katanya.

Sebelumnya, Kejari Palembang menangani laporan masyarakat terkait dana anggaran PMI wilayah kota itu.

"Ya benar adanya laporan masyarakat terkait dana pengelolaan PMI dan kami akan memanggil pihak PMI Palembang termasuk memanggil ketua PMI Palembang untuk dimintai keterangan," kata Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Palembang Ario Apriyanto.

Ia menyebutkan dalam pemanggilan tersebut, pihaknya masih mendalami dan belum bisa mengatakan, apakah ada dugaan tindakan kasus korupsi atau tidak.

Menurutnya bisa saja pihaknya hanya menemukan pelanggaran administrasi, perdata, dan bukan sebuah tindak pidana karena pihaknya masih menangani adanya laporan dari masyarakat.

Ia menambahkan, berdasarkan surat Kajari Palembang nomor B-2876/L.10/Fd.1/07/2024 perihal bantuan pemanggilan. Untuk didengar atau dimintai keterangan dengan membawa dokumen-dokumen terkait ada enam orang.

Pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada yang terkait sebanyak enam orang tersebut dijadwalkan pada Rabu 9 Juli 2024 pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Keenam orang yang dilakukan pemanggilan, yakni Letizia (Mantan Kadinkes Palembang), Ahmad Zulinto (mantan Kadisdik Palembang), Makiani (Dirut RSUD Bari Palembang), Sulaiman Amin (Kadispar Palembang), Hardayani (mantan Kadis Perdagangan Palembang), dan Fitrianti Agustinda (mantan Wawako Palembang).