Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Ceko Jan Lipavsky memanggil duta besar Rusia di Praha menyusul serangan terhadap rumah sakit anak-anak di ibu kota Ukraina. Menlu Ceko mengatakan pelaku serangan itu adalah "sampah kemanusiaan".

Pihak berwenang Ukraina sebelumnya memaparkan Rusia menyerang rumah sakit anak-anak utama di Kyiv dengan rudal jelajah dan menembakkan rudal ke kota-kota lain pada hari Senin, menewaskan 41 warga sipil di sejumlah wilayah.

Rusia membantah menyerang rumah sakit anak-anak di Kyiv dan mengatakan, tanpa memberikan bukti, tembakan anti-rudal Ukraina adalah penyebab serangan hari Senin, 8 Juli.

“Saya telah memutuskan untuk memanggil duta besar Rusia,” kata Lipavsky di platform media sosial X dilansir Reuters, Selasa, 9 Juli.

“Pembunuh yang menyerang anak-anak di rumah sakit adalah sampah kemanusiaan. Dia telah diperintahkan untuk menyampaikan pesan tersebut di Moskow,” katanya.

Duta Besar Rusia bertemu dengan wakil menteri Ceko sementara Lipavsky sedang dalam perjalanan ke Washington untuk menghadiri pertemuan puncak NATO, kata kantor berita CTK.