Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pertahanan Ceko mengatakan negaranya menyumbangkan peralatan dari gudang militernya, termasuk pesawat terbang dan amunisi, senilai 288,42 juta dollar AS (setara Rp4,7 triliun) ke Ukraina pada akhir Mei.

Dilansir Reuters, Rabu, 3 Juli, Ceko sejauh ini telah mengirimkan delapan pesawat, termasuk dua pada tahun ini. Persediaan juga mencakup 94.860 amunisi artileri, termasuk 10.000 amunisi tahun ini.

Perbekalan sebelumnya meliputi 62 tank, 131 kendaraan tempur infanteri, 26 kendaraan pengintai kimia, 16 kendaraan pertahanan udara, 13 howitzer, 12 peluncur roket ganda, serta berbagai amunisi dan senjata ringan.

Ceko termasuk di antara pendukung setia Ukraina dan negara pertama yang mengirim alat berat segera setelah invasi penuh Rusia dimulai pada Februari 2022.

Selain menyumbangkan penyimpanan tentara, mereka juga menyediakan pasokan alat berat dan amunisi yang jauh lebih besar dengan dana dari sekutu dan Ukraina sendiri.

Jumlah ini mencakup setengah juta peluru artileri yang akan dikirimkan berdasarkan inisiatif Ceko tahun ini, atau ratusan alat berat termasuk tank.