Bagikan:

JAKARTA - Badai Beryl bergerak ke arah barat di selatan Barbados, mendekati Kepulauan Windward. Badai ini berkategori 3 dengan kecepatan angin maksimum 120 mph.

Badai itu menuju ke pulau St. Vincent, Grenadines, Grenada, dan Carriacou serta Petite Martinique.

Angin, gelombang, dan gelombang badai yang mengancam jiwa dan berpotensi menimbulkan bencana diperkirakan terjadi di sana. Hujan lebat dan banjir juga diperkirakan terjadi.

Dilansir ABC News, Senin, 1 Juli, Beryl pada akhir pekan berubah dari depresi tropis menjadi badai besar Kategori 4 hanya dalam waktu 48 jam, menjadi badai Kategori 4 paling awal yang tercatat di Cekungan Atlantik memecahkan rekor Badai Dennis yang terjadi pada tanggal 7 Juli 2005.

Beryl adalah Kategori 4 pertama yang pernah ada dalam catatan bulan Juni.

Beryl bergerak ke barat dengan kecepatan 20 mph. Beberapa fluktuasi kekuatan diperkirakan terjadi tetapi Beryl diperkirakan akan tetap berada pada status utama sepanjang hari saat melewati Kepulauan Windward.

Gelombang badai yang mengancam jiwa akan meningkatkan permukaan air sebanyak 6 hingga 9 kaki di atas permukaan air pasang normal di daerah yang terkena angin darat. Di dekat pantai, gelombang tersebut akan disertai gelombang besar dan merusak.