Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan bakal menggelar penutupan acara Bulan Bung Karno 2024 yang akan diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu, 30 Juni. Puncak peringatan Bulan Bung Karno ini turut dimeriahkan oleh seluruh jajaran pengurus partai di seluruh Indonesia.

"Seluruh jajaran pengurus partai di seluruh Indonesia telah mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan yang kreatif, inovatif, untuk anak-anak muda yang dimulai dari 1 Juni hari lahirnya Pancasila, 6 Juni kelahiran Bung Karno, dan kemudian 21 Juni wafatnya Bung Karno,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Sabtu, 29 Juni.

Penutupan Bulan Bung Karno 2024 ini disebut merupakan kolaborasi dari Banteng Muda Indonesia, Taruna Merah Putih, Repdem, Satgas Partai, Ganti hingga Redme.

Hasto juga mengungkapkan alasan memilih Gelora Bung Karno sebagai arena penutuan rangkaian acara ini.

“Semua bersatu mempersembahkan kegiatan yang menarik bagi para pemuda kita agar bergelora api perjuangan nan tak kunjung padam,” ucapnya.

Selain itu, sejumlah rangkaian acara untuk memeriahkan penutupan Bulan Bung Karno seperti Festival Kopi Tanah Air dan Soekarno Run. Selain itu ada pula pertunjukan musik yang dimerikan RAN, Ardhito Pramono, Marcell Siahaan, hingga Kelompok Pemuja Koplo (KPK).

“Ada Ardhito Pramono, secara gratis, ada KPK dan satu lagi Marcel Siahaan. Grup musik KPK ini adalah kelompok pemuja koplo. Yang memang sangat populer dan ini aspirasi dari anak-anak muda,” ujar Hasto.

Hasto mengatakan Soekarno Run begitu diminati banyak orang. Awalnya panitia hanya menyiapkan 2 ribu race pack, tapi peserta mencapai 9 ribu. "Yang tidak kebagian (race pack) mendapatkan kupon khusus untuk doorprize," ujarnya.

Gelora Bung Karno dipilih sebagai lokasi acara karena lahir dari kepemimpinan Presiden Pertama RI Sukarno. Menurut Hasto, GBK saat ini telah menjadi atmosfer bagi kehidupan anak muda.

"Untuk menggembeleng dan menjadikan tempat ini sebagai suatu sumber spirit, sportifitas dan juga prestasi bagi anak-anak muda kita yang menunjukkan kepemimpinan Bung Karno yang sangat visioner dengan membangun GBK," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Bulan Bung Karno 2024, Ilham menambahkan bahwa race pack bagi para peserta Soekarno Run bisa diambil pada Minggu, 30 Juni 2024 pada pukul 07.00 WIB.

“Pembagian Race pack itu kita mulai besok jam 07.00 WIB pagi sampai jam 13.00 dan seperti tadi yang sudah disampaikan, kita ada keterbatasan karena semula hanya dirancang 2000, sehingga race pack hanya kita tambah sampai 5000, nanti kemudian sistemnya first come first serve. Dan semoga nanti kebagian semua, kalau yang tidak kebagian kami mohon maaf,” jelas Ilham.