Bagikan:

JAKARTA - Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden dan pendahulunya dari Partai Republik, Donald Trump bakal saling berhadapan dalam debat perdana Pilpres AS.

Dilansir Reuters, debat yang disiarkan televisi selama 90 menit antara presiden yang menjabat dan mantan presiden dihelat di CNN dan diperkirakan akan menarik banyak penonton pada Kamis, 27 Juni malam waktu setempat.

Rekornya adalah 84 juta orang menyaksikan debat pertama Trump pada tahun 2016 melawan Hillary Clinton.

Kedua tokoh tersebut memasuki perdebatan di Atlanta dengan kerentanan politik yang menghadirkan perpaduan antara risiko dan peluang. Perdebatan tersebut berlangsung jauh lebih awal dari biasanya – lebih dari empat bulan sebelum hari Pemilu 5 November.

‘Duel’ ini juga terjadi pada saat terjadi polarisasi mendalam dan kecemasan yang mendalam di kalangan pemilih mengenai keadaan politik Amerika.

Dua pertiga pemilih dalam jajak pendapat Reuters/Ipsos pada Mei menyatakan khawatir kekerasan akan terjadi setelah pemilu, hampir empat tahun setelah massa pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol AS.

Trump, 78 tahun, akan tampil sebagai orang tersandera kasus hukum yang masih menghadapi tiga kasus pidana, termasuk dakwaan terkait upayanya untuk membatalkan pemilu 2020. Mantan presiden tersebut, yang telah menyatakan diriny aakan menghukum musuh-musuh politiknya jika terpilih.

Sementara Biden, 81 tahun, berada di bawah tekanan kuat untuk menghindari kesalahan verbal dan menyampaikan pidato debat yang kuat, setelah berbulan-bulan pernyataan Partai Republik soal kemampuannya telah memudar seiring bertambahnya usia.