Bagikan:

JAKARTA - DPP PAN menyatakan calon gubernur yang akan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) siap bersaing dengan Anies Baswedan, di Pilkada Jakarta.

Hal itu itu disampaikan Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay menanggapi pembentukan poros baru pesaing Anies Baswedan di Pilgub Jakarta. Diketahui, Anies sudah resmi diusung PKS berpasangan dengan Sohibul Iman. 

“Tadi ditanya kalau PAN bikin poros baru gimana? Karena kan sebenarnya porosnya sudah ada, Koalisi Indonesia Maju,” ujar Saleh dalam konferensi pers di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juni. 

Saleh bahkan jumawa jika partainya yang tergabung di KIM sebagai pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil mengalahkan Anies yang saat itu berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

“Ditanya apakah kurang lebih begini, berani bersaing dengan Anies di DKJ gitu. Jangankan di DKJ, di Pilpres saja kita menang," kata Saleh. 

Menurut Saleh, kemenangan pilpres menjadi patokan calon usungan KIM di Pilgub Jakarta akan menuai hasil yang sama. Dia pun mempersilakan Anies maju kembali sebagai petahana. 

"Kan faktanya menang itu, apalagi di DKJ gitu. Jadi enggak ada masalah, jadi kan kalau memang masih mau maju ya silakan,” jelas Saleh.

Saleh mengatakan, PAN mengusulkan Zita Anjani untuk menjadi cawagub dari KIM. Menurutnya wajar jika parpol mengutamakan kadernya untuk dijagokan di Pilkada 2024. 

“Jadi semua partai pasti akan mendorong partainya dulu dong, nanti disimulasikan dengan partai-partai lain, kalau cocok baru digabungkan kan gitu, ini masih proses simulasi, masih panjang kata Mas Yandri,” ucapnya.

Bahkan, tambah Saleh, Anies yang tidak memiliki partai saja bisa percaya diri untuk maju lagi di Pilkada Jakarta. Sehingga wajar PAN 'Pede' mendorong Zita untuk dipasangkan dengan cagub pilihan KIM. 

“Nah sekarang yang tidak punya partai kok mencalonkan, ini kan aneh juga ya enggak punya partai tapi ngotot selalu mencalon, calon pilpres, calon Pilgub nanti calon wali kota lagi, abis itu jadi kalau kami wajarlah orang calon-calon kami itu memang partainya ada, kewajiban kami,” tambah Saleh.

Saleh menegaskan, PAN akan siap melawan siapapun. Soal cagub, kata Diaz yang penting visi misinya adalah memperbaiki Jakarta ke depan.

“DKJ lebih bagus ke depan, jadi tenang aja, insyaallah kita siap melawan siapapun yang penting tujuannya bukan hanya untuk mencari kemenangan, tapi untuk perbaikan Jakarta yang lebih baik di masa mendatang, saya kira itu singkatnya,” pungkas Saleh.