Bagikan:

JAKARTA - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan mobil patroli dan pengawal (patwal) polisi lalu lintas (polantas) melindas bendera Israel. Aksi itu disebut terjadi di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah.

Berdasarkan video yang diunggah akun X @PakarINTELek, mobil patwal melindas bendera Israel berukuran besar yang dibentangkan di jalan.

Kasat Lantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohamad Bimo Seno, menyebut kejadian itu berlangsung ketika pengamanan aksi damai Banjarnegara Peduli Palestina (BPP) di alun-alun Banjarnegara pada 23 Juni.

Pelindasan bendera Israel itu disebut bukan hal yang disengaja. Melainkan, polantas yang terekam pada video tak melihat keberadaan bendera tersebut.

"Tidak ada aksi atau unsur kesengajaan, karena panitia aksi mendekat membawa gulungan seperti banner/bendera dan menggelar di jalan dengan spontan dan tidak terlihat petugas wal, sedangkan karena kondisi lalu lintas tidak memungkinkan mobil dinas untuk menghindar dari bendera ya g diletakkan di aspal tersebut," ujar Bimo kepada VOI, Selasa, 25 Juni.

Selain itu, dari hasil pencarian fakta, kata Bimo, terjadi kesalahpahaman panitia aksi. Seharusnya, bendera Israel itu digelar usai mobil polisi melintas.

"Dari panitia menyampaikan permohonan maaf karena dari seksi acara secara spontan menggelar bendera israel terlebih dahulu di mana seharusnya bendera digelar ketika mobil kepolisian telah selesai melintas," sebut Bimo.

Terlebih, video yang beredar di media sosial tak menampilkan secara utuh sehingga menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

"Miskomunikasi dan ada yang video sepotong-potong," kata Bimo.