Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan respons atas langkah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Sohibul Iman menjadi cagub di Pilkada Jakarta 2024. Partai Golkar, kata Airlangga, siap melawan PKS di Pilgub Jakarta terutama karena Partai Golkar juga memiliki tokoh kompetitif, yakni Ridwan Kamil.

"Golkar juga punya calon, salah satunya Ridwan Kamil," ujar Airlangga di Jakarta, Senin 24 Juni.

Menurut Airlangga, setiap partai politik mempunyai hak untuk mencalonkan kadernya maju dalam kontestasi Pilkada. Pasalnya, hal tersebut merupakan tugas dari partai politik untuk mencetak para pemimpin di berbagai jenjang.

“Ya masing-masing partai bisa mencalonkan,” tandas Airlangga.

Oleh karena itu, kata Airlangga, pihaknya tidak khawatir dengan langkah PKS atau partai lain yang mencalonkan kadernya di Pilgub Jakarta.

Hanya saja, lanjut Airlangga, Partai Golkar saat ini masih melakukan kajian untuk memutuskan apakah Ridwan Kamil akan maju di Pilkada Jakarta atau Jawa Barat.

Airlangga mengatakan, sosok yang akan diusung Partai Golkar di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat akan diumumkan dalam waktu bersamaan.

“Jabar, DKI kemungkinan dalam waktu yang bisa bersamaan,” pungkas Airlangga.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) DPP PKS Ahmad Mabruri menegaskan, partainya resmi mengusung Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jakarta 2024. Hanya saja, kata dia, hingga kini partainya belum memutuskan sosok cawagub pendamping Sohibul Iman.

PKS, kata dia, terus menjalin komunikasi intens dengan seluruh partai politik (parpol) di DPRD DKI Jakarta untuk mensukseskan Pilkada Jakarta nanti.

"Jadi bukan berarti partai tidak punya kader, punya, tetapi siapa pasangannya akan menunggu koalisi yang terbentuk, siapa yang akan diusung menjadi cagub dan cawagub, dan bagaimana deklarasinya, akan dilakukan sesuai dengan waktu yang tepat, jadi tunggu saja," ujar Mabruri Senin kemarin.