Bagikan:

JAKARTA - Relawan Pro Jokowi atau DPP Projo membantah Ridwan Kamil akan berpasangan dengan Putra sulung Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024. 

Bantahan itu ditegaskan Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus saat menanggapi adanya spanduk bertuliskan Kaesang 2024-2029 di sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta. Spekulasi itu muncul lantaran PSI merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang udah menyepakati Ridwan Kamil maju Pilgub Jakarta. 

"Mengenai Mas Kaesang, ini anak muda selalu membawa harapan. Tapi mengenai sikap Projo seperti apa kepada Kaesang kita belum putuskan. Nanti kita bilang kita dukung kalau orangnya nggak maju gimana? Kita merespons gosip. Jadi yang pasti-pasti saja," ujar Panel Barus di kantor DPP Projo, Jumat, 9 Agustus.

Sama seperti partai-partai di KIM, Panel menegaskan, Projo akan mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta dengan segenap keyakinan mantan Gubernur Jawa Barat itu bisa memenangkan pertarungan di Jakarta, siapapun lawannya. 

"Apalagi sering kita sampaikan bahwa Jakarta itu agak sedikit keramat untuk petahana. Petahana selalu kalah di Jakarta, dan seluruh orang yang angka surveinya tinggi akhirnya mengalami kekalahan di Jakarta. Jadi kita berkeyakinan mendukung RK di Jakarta dan bisa memenangkan pertarungan itu," tegasnya. 

Panel juga menekankan, tidak ada upaya membuat skenario kotak kosong dari KIM agar menjegal calon lain yang ingin maju di Pilgub Jakarta. Dia pun mengingatkan pihak yang menuding soal upaya penjegalan agar mengkoreksi dirinya sendiri.  

"Mereka introspeksi diri lah, malah kita melihat teman-teman itu kesulitan mencari mitra kerjasama, karena orang kerjasama kan kalkulasi untung rugi juga. Berangkat dari pengalaman pilpres yang bekerjasama untung apa nggak? Itu fakta jangan diputarbalik, jangan kemudian membuat satu narasi yang memutarbalikkan bahwa ada skenario kotak kosong, bahwa ada skenario penjegalan. Selalu tidak berkaca diri sendiri," kata Panel. 

 

Sebelumnya, bertebaran spanduk dukungan kepada Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, bertulisan 'Kaesang 2024-2029' di wilayah Jakarta. Salah satu spanduk 'Kaesang 2024-2029' terlihat di salah satu JPO di kawasan Jakarta Selatan. 

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato membocorkan sosok inisial "S" akan diusung sebagai calon wakil gubernur mendampingi Ridwan Kamil pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

"Sudah ada. Sementara inisialnya S," kata Airlangga saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 9 Agustus. 

Pernyataan Airlangga tersebut merespons pertanyaan awak media soal sosok yang akan mendampingi Ridwan Kamil pada Pilgub Jakarta. Namun saat ditanya soal cawagub berinisial S tersebut adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Airlangga membantah. 

Dia juga membantah nama Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman yang bersanding bersama Emil, sapaan Ridwan Kamil, dalam Pilgub.

"None of the above (tidak satu pun yang disebutkan)," kata Airlangga.