Bagikan:

DELI SERDANG - Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara menerima kedatangan 101 pesawat yang melakukan pendaratan teknis. Kedatangan pesawat-pesawat itu adalah untuk mengisi avtur pada masa kepulangan jemaah haji ke Tanah Air.

"Kemarin sudah dua pesawat SV (Saudi Arabian) melakukan pendaratan teknis di Kualanamu untuk melanjutkan perjalanan ke debarkasi haji," ucap Kasi Angkutan Udara, Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan Arief Budiman, di Deli Serdang, dilansir dari ANTARA pada Minggu, 23 Juni.

Ke-101 pesawat yang membawa jemaah haji Tanah Air dari Arab Saudi tersebut, ujar dia, dilayani oleh dua maskapai, yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabia pada 22 Juni sampai 21 Juli 2024.

Di antaranya 55 penerbangan haji dilayani Garuda Indonesia menuju lima debarkasi tanah air, seperti Banjarmasin di Kalimantan Selatan satu kloter. Kemudian Lombok di Nusa Tenggara Barat empat kloter, Solo di Jawa Tengah lima kloter, Makassar di Sulawesi Selatan 14 kloter dan Jakarta di Banten 31 kloter.

"Terakhir pesawat Saudi Arabia melayani jemaah haji Debarkasi Surabaya di Jawa Timur sebanyak 46 kloter," kata Arief.

Pihaknya juga mengaku, ke-101 pesawat haji tersebut melakukan pendaratan teknis dengan transit paling lama satu jam dari Jeddah dan Madinah di Kualanamu.

Data Otoritas Bandar Udara Wilayah II - Medan menyatakan masa keberangkatan jemaah calon haji pada 12 Mei sampai 10 Juni 2024 terdapat 207 pesawat mengisi avtur dari empat embarkasi tanah air di Kualanamu.

Di antaranya 100 pesawat Garuda Indonesia dari tiga embarkasi, yakni Solo 81 kloter, Balikpapan 18 kloter, dan Banjarmasin satu kloter, sedangkan 107 pesawat Saudi Arabia dari Embarkasi Surabaya.

"Jadi selama pengisian avtur dilakukan, bagi penumpang yang sakit dan perlu penanganan khusus, maka bisa turun dari pesawat di Kualanamu untuk perawatan di rumah sakit," kata Arief Budiman.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok avtur di wilayahnya cukup melayani penerbangan haji periode 2024.

"Kami juga berkomitmen mendukung kesuksesan dan kelancaran ibadah haji 2024," ujar Area Manager Communication, Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria.