Kloter I Jemaah Haji Telah Mendarat di Bandara Soekarno Hatta Hari Ini
Foto Dok. Kemenhub

Bagikan:

JAKARTA - Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Selasa, 4 Juli.

Kedatangan ini sekaligus mengawali fase gelombang pertama jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M.Kristi Endah Murni mengatakan sebanyak 371 jemaah haji beserta 5 petugas haji telah tiba di Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Saudia Airline pada pukul 15.47 WIB.

Kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta ini direncanakan berlangsung mulai 4 Juli hingga 4 Agustus 2023 menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

“Alhamdulillah kedatangan pesawat yang mengangkut jemaah haji kloter pertama di Bandara Soekarno Hatta berjalan lancar. Semoga sampai kloter terakhir operasional penerbangan berjalan selamat, aman dan nyaman,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 4 Juli.

Kristi mengatakan, Ditjen Hubud bersama dengan kementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan terkait memastikan kesiapan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan kedatangan jemaah haji dengan baik, khususnya jemaah haji lansia.

“Sesuai tema haji tahun 2023 yaitu Ramah Lansia, maka fasilitas kursi roda dan petugas telah siap membantu jemaah haji mulai dari keluar pesawat menuju terminal bandara hingga memasuki bus yang mengantarkan ke asrama haji,” jelas Kristi.

Dari bandara, sambung Kristi, jemaah haji diberangkatkan ke asrama haji menggunakan 6 unit Bus Damri dengan pengawalan oleh pihak Balai Karantina Kesehatan Soekarno Hatta.

Kristi berharap, proses kedatangan jemaah haji dan pelayanan angkutan udara di semua bandara yang telah ditetapkan dapat berjalan lancar dan tidak ada kejadian khusus atau penerbangan lain yang terdampak.

“Setelah semua proses kedatangan jemaah haji nanti selesai, kami akan melakukan evaluasi untuk perbaikan pelayanan angkutan udara haji tahun berikutnya,” ungkap Kristi.