Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta di kawasan Monumen Nasional (Monas). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertindak selaku inspektur upacara.

Heru dan jajaran Pemprov DKI mengenakan beskap, sementara perempuannya memakan kebaya khas Betawi. Beberapa jajaran SKPD lainnya mengenakan pakaian dinas harian (PDH). Tampak juga ornamen khas Betawi menghiasi area upacara di Monas.

Dalam sambutannya Heru mengingatkan bahwa hari ini merupakan peringatan HUT terakhir Jakarta dengan menyandang status Ibu Kota Negara. Sebab, dalam beberapa waktu mendatang, status Ibu Kota resmi berpindah ke Nusantara, Kalimantan Timur.

"Tahun ini merupakan perayaan ulang tahun terakhir Jakarta dengan menyandang status Ibu Kota negara," kata Heru, Sabtu, 22 Juni.

Meski demikian, Heru menegaskan pesona Jakarta sebagai kota metropolitan tak akan terhapus meski tak lagi berstatus Ibu Kota. "Jakarta akan mengakselerasi langkahnya. Jakarta akan terus tumbuah menjadi kota global dan pusat perekonomian nasional," ungkapnya.

Menurut Heru, saat ini adalah kesempatan bagi Jakarta untuk berbenah mulai dari peningkatan infrastruktur menjadi kota layak huni maupun kualitas hidup warganya. Dalam mewujudkan hal ini, diakui Heru, tidak mudah dan penuh tantangan.

"Namun saya meyakini dengan kegigihan dan sinergi bersama elemen masyarakat, kota ini bisa berdiri dengan kota maju lainnya di dunia," jelas Heru.

Dalam pidatonya, Heru juga menyinggung soal pelaksananan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Di mana, Jakarta akan menjalankan kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2024-2029.

"Saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk menggunakan hak pilihnya dan menjaga situasi tetap kondusif," ujar dia.

Sebagai informasi, perayaan HUT ke-497 Kota Jakarta mengusung tema "Jakarta Kota Global Berjuta Pesona". Rangkaian perayaan ini acara dimulai sejak 19 Mei hingga Juli 2024.

Acara puncak dalam memperingati HUT ke-497 Jakarta bertajuk "Malam Jaya Raya" digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada 22 Juni 2024. Terdapat juga berbagai acara lainnya yang diselenggarakan sebelum dan sesudah acara puncak.