Bagikan:

JAKARTA - Komisi III DPR mengapresiasi hasil survei terbaru Litbang Kompas yang menempatkan Polri sebagai dua lembaga teratas dengan citra positif.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB Rano Al Fath, mengatakan peningkatan ini adalah bukti nyata Polri telah berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan tugas-tugas penegakan hukum yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Rano menyebut hasil survei itu pertanda kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin tinggi. Menurutnya, Polri juga mampu menjawab tantangan dan harapan publik dengan sangat baik.

"Citra baik Polri yang semakin meningkat adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh anggota Polri dalam melaksanakan tugas mereka dengan profesionalisme yang tinggi," ujar Rano kepada wartawan, Jumat, 21 Juni.  

"Polri telah menunjukkan bahwa mereka tidak hanya sekadar menjalankan tugas rutin, tetapi juga berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan bagi masyarakat," sambungnya.

Rano juga mengapresiasi berbagai langkah inovatif yang telah diambil oleh Kapolri dan jajarannya. Salah satunya, kata dia, yakni program rekrutmen polisi difabel.

"Langkah ini menunjukkan komitmen Polri untuk menjadi lembaga yang lebih inklusif dan adil. Dengan menerima anggota dari berbagai latar belakang, Polri tidak hanya memperkaya perspektif dalam lembaga, tetapi juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka berkomitmen untuk merangkul dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang," katanya.

Rano juga mengapresiasi Polri atas kinerjanya dalam pengamanan Pemilu yang berjalan dengan sangat baik tanpa adanya ancaman perselisihan yang signifikan. Dia juga bicara keberhasilan Polri dalam pengamanan lebaran.

"Polri telah menunjukkan bahwa mereka siap dan sigap dalam menghadapi tantangan besar seperti Pemilu, dan ini patut mendapatkan pujian," kata Rano.

Rano menilai, pengamanan lebaran yang sangat kondusif juga merupakan bukti kesiapan dan kesigapan Polri dalam menjaga keamanan pada momen-momen penting bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya, Polri telah berhasil memastikan bahwa masyarakat dapat merayakan lebaran dengan rasa aman dan nyaman. 

"Kesiapsiagaan ini menunjukkan betapa Polri sangat memperhatikan kepentingan dan kenyamanan masyarakat, serta selalu siap memberikan pelayanan terbaik," jelasnya.

Rano juga menilai Polri juga serius menangani kasus-kasus besar, terutama yang menyita perhatian masyarakat. Penanganan yang tepat dan profesional terhadap kasus-kasus ini, lanjut dia, menunjukkan Polri mampu merespons dengan cepat dan efektif, serta memberikan rasa keadilan bagi masyarakat.

"Dengan berbagai capaian ini, kami berharap Polri dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya. Kepercayaan masyarakat adalah modal penting bagi Polri untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan publik," pungkasnya. 

 

Diketahui, Survei Litbang Kompas menunjukkan TNI-Polri menjadi dua instasi teratas berdasarkan citra positif lembaga negara. Survei tersebut dilakukan pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Hasil survei mencatat, citra baik TNI berada mencapai 89,4 persen. Angka itu meningkat jika dibandingkan survei serupa pada Desember 2023.

“TNI, baik 89,4 persen tidak tahu 7,3 persen, dan buruk 2,9 persen,” tulis hasil survei tersebut.

Sementara citra baik Polri mendapat perolehan 73,1 persen. Peningkatan juga terjadi jika dibandingkan survei serupa pada Desember 2023.

“Polri, baik 73,1 persen, tidak tahu 4,4 persen, dan buruk 22,5 persen,” tulis survei tersebut.