Bagikan:

LAMPUNG SELATAN - Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung mengalami lonjakan kendaraan dan penumpang pejalan kaki dibanding hari biasanya di akhir libur hari raya Iduladha 1445 Hijiriah.

Berdasarkan data ASDP Bakauheni, tercatat sebanyak 23.708 orang telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Lonjakan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung terjadi sejak Senin 17 Juni. Lonjakan penumpang tersebut lantaran adanya momen libur dan cuti bersama di hari raya Iduladha 1445 Hijriah.

Antrean kendaraan di kantong parkir yang didominasi kendaraan pribadi terlihat di  Dermaga Eksekutif, sedangkan lonjakan penumpang pejalan kaki terlihat di Dermaga Reguler. Sementara, kantong parkir kendaraan roda dua dan kendaraan empat di Dermaga Reguler terlihat sepi bahkan lengang.

Para penumpang asal Pulau Sumatera melakukan perjalanan lantaran libur dan cuti bersama hari raya Iduladha telah selesai.

Seorang penumpang kapal, Arnold (37 tahun) mengatakan, ia melakukan perjalanan ke Jakarta karena pada Rabu 19 Juni, ia sudah mulai bekerja.

"Mau ke Jakarta ke tempat kerja karena hanya libur 2 hari, besok sudah masuk," kata Arnold dikutip ANTARA, Selasa 18 Juni.

Arnold mengaku ia ke Jakarta tidak sendiri, tetapi membawa serta dua orang rekannya dari kampung untuk mengadu nasib di Jakarta. "Bawa dua orang kawan mau niat cari kerja di Jakarta," ucap Arnold.

Berdasarkan data dari ASDP Bakauheni, Lampung, lonjakan terjadi sejak H-2 Iduladha. Sebanyak 23.708 orang telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni pada libur Iduladha 1445 Hijiriah.

Sementara untuk kendaraan roda empat sebanyak 7.022 unit. Sedangkan penumpang pejalan kaki terdapat 1.827 penumpang.

Pada libur hari raya Iduladha 2024, ASDP Bakauheni mengoperasikan sebanyak 29 unit kapal dengan jumlah 111 trip.