Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Menurut Mentan, KSAD berperan mendorong program ketahanan pangan nasional yang dijalankan oleh TNI AD di seluruh penjuru negeri.

"Mewakili pemerintah dan petani Indonesia, kami ucapkan terima kasih," kata Mentan pada acara Panen Raya Komoditas Bawang Merah di lahan pertanian terpadu Korem 051/Wijayakarta, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa 11 Juni.

Atas tindakan itu, Mentan menjuluki KSAD sebagai "Bapak Pangan". Julukan itu diberikan Mentan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi TNI AD yang selalu berada di garda terdepan dalam memanfaatkan lahan kosong untuk sektor pertanian, khususnya komoditas bawang merah.

Mentan juga menyoroti keahlian KSAD di bidang pengairan yang berdampak positif pada ekspansi pertanian.

"Kami mengerti Bapak KSAD ahli di bidang pengairan. Pangan sekarang sudah ekspansi di komoditas bawang, kami ucapkan terima kasih," kata Mentan RI.

Merespon hal tersebut, KSAD menegaskan program penanaman bawang merupakan inisiatif lama yang terus didukung pemerintah, memungkinkan pembukaan dan penanaman lahan secara luas di seluruh Indonesia.

"Ke depan, kami didukung oleh Pak Menteri untuk memastikan petani bisa panen lebih sering. Dengan pompanisasi dan optimalisasi lahan, diupayakan bisa tiga kali panen, minimal," kata KSAD.

Dalam acara Panen Raya ini, Danrem 051/Wkt Brigjen TNI Riyanto memulainya dengan peninjauan lahan pertanian dan peternakan. Mentan bersama KSAD dan para undangan serta pejabat utama Kementan RI dan TNI AD, kemudian melaksanakan aksi panen bawang merah.

Luas lahan tanaman bawang mencapai 13 hektare, dengan 4,5 hektare dipanen secara bertahap. Panen serentak ini juga melibatkan 27 satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, dengan total lahan yang dipanen mencapai 66,9263 hektare.

Selain memantau lahan dan melakukan panen bawang merah, rombongan juga meninjau lokasi UMKM yang dikelola oleh Korem 051/Wkt dan memberikan bantuan sembako serta pupuk kepada anggota kelompok tani di Desa Wanajaya.