Wujudkan Ketahanan Pangan, KSAD Maruli Dorong TNI Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Desa Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis 18 Januari. (Ist)

Bagikan:

SUKABUMI - Guna menwujudkan ketahanan pangan nasional, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mendorong anggota TNI dapat memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif.

Seruan ini dilontarkan dalam konteks keberhasilan TNI AD mengubah lahan tidur sebagai pilot project Ketahanan Pangan (Han Pangan) di wilayah Sukabumi.

Mantan Pangkostrad tersebut menyampaikan seruannya saat melakukan peninjauan ketahanan pangan Kostrad dan membuka Rapat Kerja Teknis Bidang Teritorial (Rakernister) TNI AD Tahun 2024 di Desa Mekarjaya, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis 18 Januari.

KSAD Maruli menyadari bahwa pengaruh cuaca panas (El Nino) berdampak negatif pada kondisi pangan di Indonesia, mengancam hasil panen petani. Oleh karena itu, TNI AD secara proaktif mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif, seperti yang telah berhasil di Ciemas, Sukabumi.

"Hari ini kita melibatkan instansi terkait untuk mengevaluasi Pilot Project ketahanan pangan yang telah berjalan selama 1,5 tahun. Han Pangan sudah ada di 5 titik, termasuk di Sukabumi," ungkapnya.

KSAD menekankan bahwa keberhasilan lahan produktif ini tak lepas dari dukungan semua pihak, termasuk partisipasi masyarakat. Pengelolaan lahan seluas 700 hektar di Ciemas dianggap berjalan dengan baik oleh KSAD.

“Kita sudah coba kelola lahan ini dengan masyarakat dan berjalan cukup baik. Saya kira ini juga sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan ke depan konsep ini berjalan dengan baik, kita akan bagikan hasil pengelolaan lahan ini ke mereka (masyarakat),” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, KSAD memberikan bantuan berupa sembako, sarana olahraga untuk remaja, dan santunan kepada anak yatim. Sementara Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan teknologi dam parit, embung, traktor, ternak, serta bibit ikan kepada KSAD.

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengapresiasi pelaksanaan ketahanan pangan di Ciemas. Atas nama masyarakat, ia mengucapkan terima kasih atas kepedulian KSAD dan TNI AD pada kesejahteraan warga Sukabumi.

Dengan inisiatif seperti ini, diharapkan lahan tidur yang terabaikan dapat menjadi sumber daya produktif bagi kemajuan wilayah.